Sebaran titik panas di wilayah Kesatuan Hidrologis Gambut (KHG)

Tampilkan di Peta
Titik Panas

DESKRIPSI

Sebaran deteksi titik panas dari FIRMS (Fire Information for Resource Management System) dari Moderate Resolution Imaging Spectroradiometer (MODIS) Terra/Aqua dengan resolusi spasial 1000 meter dan Visible Infrared Imaging Radiometer Suite (VIIRS) dengan resolusi spasial 375 meter. Data diperbarui setiap hari. 

SUMBER

NASA, diakses melalui Lembaga Antariksa Penerbangan Nasional (LAPAN)

24 jam
Kesatuan Hidrologis Gambut (KHG)

DESKRIPSI

Batas Kesatuan Hidrologis Gambut (KHG) berdasarkan SK Menteri LHK No. 129 Tahun 2017. KHG adalah ekosistem gambut yang terletak di antara dua sungai, di antara sungai dan laut, dan/atau pada rawa.

SUMBER

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, 2017

Lahan Gambut

DESKRIPSI

Sebaran lahan gambut di tujuh provinsi prioritas restorasi gambut di Indonesia.

SUMBER

Balai Besar Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP),Kementerian Pertanian, 2019

Peta Dasar

Deskripsi

Dengan mengaktifkan preset ini Anda dapat memantau sebaran titik panas (hotspot) di wilayah Kesatuan Hidrologis Gambut (KHG). Titik panas digunakan sebagai salah satu indikator penanda kejadian kebakaran hutan dan lahan, dimana semakin banyak jumlah titik panas dan semakin bergerombol sebarannya maka semakin tinggi potensi kejadian kebakaran hutan dan lahan di wilayah tersebut. Titik panas yang ditampilkan adalah tren titik panas setiap 24 jam terakhir dan berada pada selang kepercayaan 30% - 100%. Anda dapat memilih rentang waktu 48 dan 72 jam lewat panel layer aktif.

Perlu diperhatikan pula bahwa koordinat titik panas tidak selalu tepat dengan koordinat kejadian di lapangan karena koordinat titik panas dari data satelit diekstrak dari titik tengah piksel (center of pixel). 

INTERPRETASI

Dengan mengaktifkan kedua layer ini. Anda dapat memperoleh informasi:

  1. Jumlah titik panas di wilayah KHG
  2. Sebaran titik panas di wilayah KHG